Renungan Minggu Paskah V

Saudara-saudari KKI Philadelphia, saya ingin menyapa anda semua melalui tulisan ini di hari Minggu Paskah V dan peringatan Mother’s Day. Mama saya pernah berkata, “Iwan itu enak, rumahnya banyak.” Itulah komentar mama saya melihat anaknya sebagai seorang imam. Ke mana saja saya pergi, saya memiliki tempat untuk tinggal: Jakarta, Pontianak, Yogyakarta, Bali, bahkan sampai Amerika. Hari ini Yesus berkata kepada kita, “Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku. Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu” (Yoh. 14:1-2). Yesus telah menyediakan rumah untuk kita semua dan Dia berjanji akan membawa kita ke rumah yang telah disediakan-Nya. Sungguh indah hidup sebagai anak-anak Allah dalam Tuhan Yesus. Dia menyediakan rumah, Dia memanggil kita dan menunjukkan jalan-Nya dengan berkata, “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku” (Yoh. 14:6).

Sekarang marilah kita bertanya berkaitan dengan keluarga dan komunitas kita:

  1. Apa yang saya rasakan ketika mendengarkan kata-kata Yesus ini?
  2. Apakah keluarga dan komunitas kita (KKI) sudah menjadi rumah yang nyaman bagi kita semua? Dalam situasi sulit sekarang ini, apakah saya merasa at home di rumah saya? Di KKI?
  3. Yesus berkata, “Akulah Jalan.” Apakah saya sudah membantu sesama saya untuk menemukan Tuhan Yesus, Sang Jalan, dan berjalan bersama dengan Tuhan Yesus?

Semoga sapaan ini menyatukan kita sebagai satu komunitas dalam iman, meskipun sudah cukup lama kita tidak bisa bertemu bersama. Jangan lupa bahagia!

Bunda Maria Ratu segala suku, doakanlah kami.

Bunda Maria, pengurai simpul, doakanlah kami.

Amin.