Renungan Minggu Paskah VI

Saudara-saudari KKI Philadelphia, saya ingin menyapa anda semua melalui tulisan ini di hari Minggu Paskah VI. Dalam bacaan Injil hari ini kita mendengarkan sabda Tuhan Yesus yang berkata, “Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya” (Yoh. 14:16). Penolong yang dimaksud Tuhan Yesus adalah Roh Kudus yang akan turun setelah Ia naik ke surga. Injil hari ini mempersiapkan kita untuk merayakan Hari Raya Yesus naik ke surga, pada hari Kamis, 21 Mei, lalu kita akan mengadakan Novena Pentakosta selama 9 hari, sampai hari Raya Pentakosta tanggal 31 Mei. Kita dipersiapkan untuk menyadari peranan Roh Kudus dalam hidup Gereja, dalam hidup komunitas, keluarga, dan pribadi kita.

Roh Kudus itu adalah Roh Allah sendiri yang selalu ingin menyatakan kasih-Nya dan penyertaan-Nya dalam hidup kita, seperti yang dikatakan Yesus, “Aku tidak akan meninggalkan kamu sebagai yatim piatu. Aku datang kembali kepadamu” (Yoh. 4:18). Oleh karena itu, ambillah waktu sejenak untuk menyadari kehadiran Roh Kudus dalam hidup kita.

  1. Pernahkah anda merasakan ada semangat atau sukacita dari dalam diri, atau dorongan untuk berbuat kebaikan yang kadangkala tidak bisa dijelaskan darimana?
  2. Pernahkah anda merasa ada keyakinan untuk melewati masa-masa sulit, meskipun masalah itu masih tetap ada?
  3. Pernahkan tiba-tiba ada orang datang memberikan bantuan saat anda sungguh memerlukan pertolongan?

Marilah kita membuka diri terhadap kehadiran Roh Kudus yang bekerja nyata dalam hidup kita sehari-hari.

Semoga sapaan ini menyatukan kita sebagai satu komunitas dalam iman, meskipun sudah cukup lama kita tidak bisa bertemu bersama. Jangan lupa bahagia!

Bunda Maria Ratu segala suku, doakanlah kami.

Bunda Maria, pengurai simpul, doakanlah kami.

Amin.