Renungan Minggu Paskah VII

Saudara-saudari KKI Philadelphia, saya ingin menyapa anda semua melalui tulisan ini di hari Minggu Paskah VII. Dalam bacaan Injil hari ini kita mendengarkan sabda Tuhan Yesus yang berkata, “Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus” (Yoh. 17:3). Kehidupan kekal itu bukan sekedar usia yang panjang, hidup selama-lamanya di dunia ini. Memiliki hidup kekal itu berari memiliki pengenalan yang tepat akan Allah. Itulah misi Tuhan Yesus ketika Ia datang ke dunia ini, yaitu memperkenalkan Allah sebagai Bapa yang maha kasih, Bapa yang senantiasa rindu untuk mengasihi dan mengumpulkan anak-anak-Nya. Bapa yang mengutus Putera-Nya yang tunggal untuk menyelamatkan umat manusia. Inilah pengenalan yang membawa kita kepada kehidupan yang kekal, yang membawa kepada persatuan dengan Bapa, Putera, dan Roh Kudus, seperti yang dikatakan Tuhan Yesus, “supaya mereka menjadi satu sama seperti Kita” (Yoh. 17:11).

Hari-hari ini kita juga mengadakan novena Pentakosta, berdoa bersama sebagai satu komunitas, bersama Bunda Maria dan para rasul, untuk memohon Rahmat Roh Kudus, Roh yang membantu kita untuk lebih mengenal Allah sebagai Bapa, yang mengasihi kita dengan mengutus Putera-Nya, dan menganugerahkan Roh Kudus untuk membimbing hidup kita.

Mari kita juga mohon Rahmat Roh Kudus untuk mulai mengawali situasi “new normal.” Kita tidak akan kembali ke situasi yang sama seperti sebelumnya karena kita diajak untuk bertumbuh dan berkembang, menjadi makin dewasa dalam iman, dalam hidup menggereja, dan dalam hidup berkomunitas.  Biarlah Roh Kudus menyatukan kita dan mengajar kita mengutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi.

Semoga sapaan ini menyatukan kita sebagai satu komunitas dalam iman, meskipun sudah cukup lama kita tidak bisa bertemu bersama. Jangan lupa bahagia!

Bunda Maria Ratu segala suku, doakanlah kami.

Bunda Maria, pengurai simpul, doakanlah kami.

Amin.