Refleksi Pentakosta

Saudara-saudari KKI Philadelphia, saya ingin menyapa anda semua melalui tulisan ini di hari Hari Raya Pentakosta, hari kelima puluh, hari turunnya Roh Kudus. Dalam bacaan Injil hari ini kita mendengarkan sabda Tuhan Yesus yang berkata, “Damai sejahtera bagi kamu!” (Yoh. 20:19). Kata ini sungguh memberikan kesejukan dan keteduhan kepada para murid yang sedang mengalami ketakutan dan kecemasan. Hati mereka serentak bersukacita ketika melihat Tuhan Yesus yang disalibkan dan wafat, bangkit dan hidup kembali. Dalam sukacita ini, Tuhan Yesus memberikan Roh Kudus kepada para murid, “Ia mengembusi mereka dan berkata: “Terimalah Roh Kudus” (Yoh. 20: 22), dan mengutus mereka untuk pergi mewartakan Kabar Gembira ini.

 Di hari Pentakosta ini, marilah kita menyadari anugerah Roh Kudus yang telah kita terima saat Pembaptisan dan diteguhkan saat Krisma/Penguatan. Roh Kudus itu telah ada dalam diri kita saat ini. Sekarang kita diajak untuk menyadari anugerah itu dan membiarkan Roh Kudus bekerja dalam diri kita. Semoga Roh Kudus ini memberikan kita kedamaian dalam hati kita, kedamaian yang membuat kita berani dan siap untuk diutus. Kedamaian ini bukan didapat dengan menutup hati terhadap sesama, melainkan dengan melayani sesame dengan risiko terluka. Mari kita berdoa, “Datanglah, ya Roh Kudus, penuhilah hati umatmu, dan nyalakanlah di dalamnya api cinta-Mu. Utuslah Roh-Mu maka segalanya menjadi baru, dan Engkau akan membaharui muka bumi.” Biarlah api Roh Kudus itu menyala, memberikan kedamaian dan sekaligus keberanian untuk menjadi berkat bagi sesama.

Semoga sapaan ini menyatukan kita sebagai satu komunitas dalam iman, meskipun sudah cukup lama kita tidak bisa bertemu bersama. Jangan lupa bahagia! Sampai jumpa dalam misa KKI, hari Minggu, 7 Juni 2020, 12:00 PM.

Bunda Maria Ratu segala suku, doakanlah kami.

Bunda Maria, pengurai simpul, doakanlah kami. Amin